PUJAKESUMA

Diposkan oleh kentkend

‘’ Aslinya dari mana toh... ???!’’

Sering kali terdengar pertanyaan itu muncul di ucapkan seseorang yang mungkin baru kenal di perjalanan bersama kita...
Setiap kali ada pertanyaan itu yang muncul, maka setiap kali itu juga saya merasakan jadi bingung, kadang bingung dan kadang juga tidak bingung.
Kadang dengan cepat saya bisa menjawabnya dan terkadang juga saya jadi malas untuk menjawab dengan penjelasan-penjelasan tertentu, kadang saya menjawab juga, asal atau asli saya dari Jambi. Walau orang akhirnya tidak percaya dan meluncurkan pertanyaan berikutnya, “Orang Jambi kok warna kulitnya nggak putih? ”Sebagai seorang keturunan Jawa yang dilahirkan dan dibesarkan di Jambi saya merasa, saya ini adalah orang Jambi meskipun saya lahir dari keturunan Jawa, tapi saya juga tidak dapat menafikan bahwa saya ini keturunan orang Jawa, karena dilihat dari warna kulit dan logat bicara saya, maka orang tidak akan percaya bahwa saya adalah orang Jambi, karena bagi mereka yang tahu kebanyakan orang Jambi berkulit putih, tidak seperti saya berkulit sawo mateng, dan cara bicaranya yang agak berlogat Jawa kalau berbicara dengan bahasa Indonesia.
Hal ini pasti juga banyak dialami oleh teman-teman yang merantau keluar Jambi.
Kini saya memiliki jawaban yang menurut saya lumayan memuaskan, jika lain kali saya ditanya tenteng asal muasal atau keturunan saya, jawaban saya adalah “PUJAKESUMA” (Putera Jawa Kelahiran Sumatera), jawaban yang menurut saya sangatlah simpel.
Istilah pujakesuma ada karena banyaknya orang Jawa yang menghuni daerah-daerah di pulau Sumatera, karena faktor transmigrasi ataupun banyak yang bermula dari merantau, hingga akhirnya berdomisili di sumatera.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment