memperpanjang usia laptop

Diposkan oleh kentkend


Langkah-langkah dibawah ini dapat kita lakukan sendiri dengan mudah, yang tujuannya adalah untuk memperpanjang usia dari komputer laptop kita:


1. Amend sistem operasi Windows

Mendownload update-update terbaru untuk Windows secara rutin dapat meningkatkan keamanan dan stabilitas dari sistem operasi laptop kita.


2. Tingkatkan keamanan

Semuacomputer application keamanan harus selalu up to date. Malware banyak terdapat di internet dan dapat merusak komputer laptop kita. Jika kita banyak menggunakan internet, jangan simpan history browsing kita lebih dari 5 hari. Kita harus rajin membersihkan internet accumulation seminggu sekali, hapus e-mail yang tidak disukai dan updatecomputer application keamanan kita basal sebulan sekali.


3. Memindahkan komputer laptop

Ketika bepergian, agar komputer laptop lebih aman serta terhindar dari goncangan yang dapat merusak, selalu gunakan tas khusus untuk laptop. Tas khusus untuk laptop dirancang untuk melindungi laptop ketika tidak sengaja terjatuh atau membentur sesuatu.


4. Hindari goncangan

Komputer laptop dirancang untuk mobilitas, namun ini tidak berarti komputer laptop tidak mudah rusak. Bahkan faktanya, komputer laptop lebih rentan terhadap goncangan meskipun dilengkapi dengan bahan yang katanya bisa menahan goncangan. Selalu perlakukan laptop dengan hati-hati dan lembut. Matikan laptop ketika kita hendak pindah tempat, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dengan memindah-mindahkan laptop tanpa mematikannya terlebih dahulu dapat memperpendek usia komponen yang ada di dalamnya. Ada baiknya juga jika kita mempergunakan alas khusus sebagai tempat dudukan bagi laptop yang bisa menghindarkan dari goncangan.


5. Panas, lembab dan debu

Ketika menggunakan komputer laptop, jangan taruh di atas permukaan yang dapat menghalangi aliran udara, seperti bantal atau selimut, juga jangan menaruh di atas permukaan yang dapat mengalirkan panas seperti besi atau di dalam tas laptop. Cek secara rutin apakah kipas di dalam laptop berfungsi dengan baik atau tidak, beri kipas tambahan jika diperlukan. Hindari makan dan minum di depan laptop. Semua barang elektronik sensitif terhadap debu, terutama komputer. Kita tidak boleh meninggalkan/menaruh laptop kita di atas lantai atau permukaan yang berdebu. Secara rutin bersihkan layar dengan pembersih layar dan gunakan pembersih yang agak basah untuk keyboard. pastikan kipas di laptop tidak terganggu oleh debu.


6. Keringkan baterai laptop

Cabut baterai laptop sebulan sekali. Ini untuk me-refresh memori baterai sehingga nantinya dapat berfungsi mengisi secara penuh sesuai dengan kapasitasnya. Kapasitas baterai laptop berkurang seiring dengan penggunaan. Nyalakan laptop langsung dari stop kontak, bukan dari baterai, ini dapat memperpanjang usia baterai. Baterai lithium-ion memiliki jangka waktu 3 sampai 5 tahun atau sekira 1,200 kali pengisian dalam kondisi normal.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment